Pengertian olahraga perlu dipahami oleh tiap-tiap orang. Pasalnya, olahraga adalah salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi, masih banyak yang mengabaikannya. Kesadaran masyarakat Indonesia untuk berolahraga masih sungguh-sungguh minim.

Seperti diinfokan dari Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2018, hanya ada 35,70 persen masyarakat yang sadar akan pentingnya berolahraga. Walaupun, olahraga sungguh-sungguh penting untuk menjaga kesehatan jasmaniah dengan memelihara fungsi organ sampai meningkatkan stamina dan kekuatan bendung tubuh. Malah, olahraga juga dapat menyokong kesehatan mental seseorang.

Tiap-tiap olahraga yang dijalankan dengan benar dan pas umumnya akan memberikan manfaat kesehatan tertentu. Secara lazim, orang dewasa berusia 19–64 tahun disarankan untuk berolahraga sekitar 150 menit per minggu atau 30 menit per hari.

Pengertian Olahraga

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa spaceman pragmatic Indonesia (KBBI), ada dua pengertian olahraga. Pengertian olahraga yang pertama adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti sepak bola, berenang, lempar lembing). Pengertian olahraga berikutnya adalah kegiatan yang melibatkan jasmaniah dan keterampilan dari individu atau regu, dijalankan untuk hiburan.

Secara lazim, pengertian olahraga adalah suatu kegiatan yang melibatkan pengerahan kekuatan jasmaniah dan pikiran yang dijalankan untuk melatih tubuh manusia, baik secara jasmaniah ataupun secara rohani.

Olahraga adalah kegiatan penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Olahraga umumnya dijalankan dengan menggerakkan keseluruhan atau sebagian anggota tubuh, baik itu anggota tubuh bagian atas ataupun bagian bawah. Di Indonesia, ada berjenis-jenis variasi olahraga yang diminati masyarakat, mulai dari senam, joging, bersepeda, sampai bermain sepak bola.

Kecuali membuat tubuh menjadi sehat, olahraga mempunyai segudang manfaat positif bagi tubuh. Salah satunya untuk menjaga kesehatan jiwa agar tak gampang stres, menghindari depresi, sampai meredam emosionil. Hal ini disebabkan sebab berolahraga dapat meningkatkan kadar hormon endorfin di dalam tubuh. Hormon ini berperan penting untuk menghasilkan perasaan bergembira dan mengurangi rasa sakit yang diakibatkan kegiatan sehari-hari, baik itu jasmaniah ataupun mental.

Tujuan Olahraga

Setelah memahami pengertian olahraga, kau perlu mengenali tujuannya. Tujuan olahraga yang paling utama tentunya adalah untuk menjaga kesehatan. Kecuali itu, tujuan olahraga lainnya sejajar dengan manfaatnya adalah untuk menguatkan tubuh, mengendalikan pernapasan, sampai menolong meningkatkan kekuatan bendung tubuh.

Tujuan olahraga tiap-tiap orang tentunya berbeda-beda. Ada orang yang mempunyai tujuan olahraga untuk menurunkan berat badan, membentuk otot, untuk kompetisi, sampai sekadar menjaga kesehatan.

Seperti kutip dari Merdeka, tujuan olahraga sendiri dikelompokkan sebagai berikut:

  • Olahraga Rehabilitas : Olahraga ini diaplikasikan untuk mengoreksi kondisi tubuh seseorang.
  • Olahraga Prestasi : Olahraga ini diaplikasikan dalam kejuaraan dan dalam laga.
  • Olahraga Pendidikan : Olahraga ini diaplikasikan dalam kurikulum pendidikan.
  • Olahraga Rekreasi : Olahraga ini diaplikasikan untuk bersenang-bergembira dan bergembira.

Itulah sebagian tujuan olahraga yang perlu kau pahami secara khusus dahulu. Mengetahui tujuan olahraga yang kau lakukan dapat membuat kau mengendalikan aktivitasnya dengan baik.

Tipe Olahraga
Pengertian olahraga adalah kegiatan yang melibatkan kekuatan jasmaniah dan pikiran yang dijalankan untuk melatih tubuh manusia, baik secara jasmaniah ataupun secara rohani. Di Tanah Air, olahraga dapat dibagi menjadi dua variasi, adalah olahraga modern dan olahraga tradisional.

Olahraga Modern
Olahraga modern adalah olahraga yang mempunyai aturan baku dan umumnya dilombakan dalam ajang olahraga. Mudahnya, olahraga modern itu dapat ditemukan di perhelatan Olimpiade, Asian Games, sampai SEA Games. Umpamanya seperti olahraga bulu tangkis, angkat besi, sepak bola, renang, menembak, dan masih banyak lagi.

Olahraga Tradisional
Sementara, olahraga tradisional adalah olahraga yang ditemukan oleh nenek moyang Bangsa Indonesia. Lazimnya olahraga tradisional diselipkan dalam wujud permainan agar lebih gampang digemari oleh masyarakat.

Umpamanya saja seperti gobak sodor, benteng, gasing, egrang, pencak silat, sampai sepak takraw. Tapi, olahraga tradisional bukan berarti tak dapat masuk ke dalam ajang laga olahraga. Sebagian olahraga seperti pencak silat dan sepak takraw sudah sejak lama dilombakan secara internasional.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *