Halo Teman Sehat! Olahraga telah menjadi kebutuhan tubuh supaya bisa hidup sehat dan berkwalitas. Dalam pesan gizi seimbang, kegiatan fisik dan olahraga menjadi salah satu pilar utama. Buat penyandang disabilitas atau orang dengan kebutuhan khusus, olahraga ngga jadi penghambat loh! Malah banyak di antara mereka yang sukses mencetak rekor dunia dan menjadi jawara di bermacam-macam cabang olahraga.

Nah, apa aja sih cabang olahraga unik yang dipertandingkan buat mereka dengan keadaan spesial ini:

  1. Wheelchair basketball

Yap, olahraga ini diperuntukan bagi mereka yang memiliki gangguan fisik dengan melaksanakan olahraga basket memakai kursi roda yang didesain speasial. aja yang boleh berpartisipasi? Yakni mereka yang mengalami persoalan kaki yang parah dan bersifat permanen. Keren kan?

  1. Memanah

Nah, olahraga yang satu ini bisa dilaksanakan oleh siapapun disamping keterbatasan fisik yang ia punya. Malah, memanah juga diperuntukan bagi mereka dengan gangguan visual. Dalam paralimpik (olahraga khusus bagi penyandang disabilitas) mahjong slot terdapat beberapa kategori memanah untuk atlet dengan gangguan visual. Mereka yang ngga bisa mengamati target sekalipun, bisa berpartisipasi loh!

  1. Berlayar

Cabang olahraga satu ini diperuntukan bagi mereka yang mengalami persoalan fisik maupun penglihatan seperti amputasi, serebral palsi, kebutaan, dan cedera tulang belakang. Pertama kali dipersembahkan pada The Atlanta 1996 Paralympic Games, berlayar kini menjadi popularitas cabang olahraga andalan yang dimainkan oleh 50 negara.

  1. Sepak bola sangka olahraga yang satu ini bisa dimainkan oleh orang dengan gangguan penglihatan pun mengalami kebutaan? Football 5-a-side adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan di paralimpik yang diorganisasikan oleh International Blind Sports Federation dengan memodifikasi regulasi FIFA. Sepak bola ini dimainkan di lapangan yang lebih kecil dan dikelilingi papan, terdiri dari 5 orang per regu, boleh ada seseorang yang memberi pengarahan dari luar lapangan, bola dilengkapi dengan alat pembuat bunyi, dengan total waktu tanding 50 menit.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *