Selain meningkatkan rasa percaya diri, mempunyai berat badan ideal juga bisa menurunkan risiko seseorang terserang bermacam-macam penyakit. Sehingga tidak heran jika banyak orang ingin mengenal tipe-tipe olahraga menurunkan berat badan dan  menghilangkan lemak-lemak di tubuh.

Terdapat beberapa opsi olahraga yang bisa menolong menurunkan berat badan. Melainkan, kegiatan ini juga semestinya diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya supaya kesudahannya maksimal. Mari simak penjelasan mengenai beberapa tipe olahraga untuk menurunkan berat badan berikut ini.

Manfaat Olahraga dalam Menuru

Cara menurunkan berat badan tidak akan maksimal jika cuma mengandalkan pengurangan asupan kalori saja. Mengurangi asupan kalori tanpa olahraga akan membuat tubuh kehilangan banyak lemak sekaligus massa otot.

Meskipun, otot lebih berperan aktif dalam progres metabolisme tubuh daripada lemak. Jika massa otot berkurang, maka metabolisme tubuh menjadi semakin lambat. Hasilnya, progres penurunan berat badan menjadi terhambat.

Itulah sebabnya kenapa olahraga cukup penting dalam progres penurunan berat badan. Pasalnya, berolahraga secara rutin bisa daftar slot mahjong mempercepat metabolisme tubuh. Saat progres metabolisme tubuh lebih cepat, maka kalori yang terbakar juga akan semakin banyak.

Jadi, dengan mengombinasikan olahraga dan diet sehat, Anda bisa menurunkan berat badan dengan konsisten mempertahankan massa otot tubuh.

Rekomendasi Olahraga Menurunkan Berat Badan
 

Terdapat beberapa rekomendasi olahraga menurunkan berat badan yang bisa dilakukan di rumah, antara lain:

  1. Lompat Tali
     

Lompat tali adalah gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan yang bisa dicoba di rumah. Meskipun menonjol sederhana, tetapi olahraga ini rupanya mempunyai efektivitas pembakaran kalori yang kurang lebih sama dengan lari santai.

Lompat tali dengan intensitas ringan selama 30 menit diketahui bisa membakar sekitar 128 kalori. Sementara itu, lompat tali yang dilakukan dengan intensitas berat dan durasi yang sama bisa membakar sampai 421 kalori.

Akan tetapi, jika baru pertama kali mencoba lompat tali, mulailah dengan durasi singkat selama 5 menit dan berikan jeda istirahat. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa meningkatkan intensitas berolahraga Anda sampai menempuh target yang diharapkan.

  1. Jalan Kaki
     

Jalan kaki adalah salah satu opsi olahraga menurunkan berat badan yang mudah untuk dilakukan. Olahraga ini tidak memerlukan peralatan khusus, pun bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Perlu diketahui bahwa berjalan kaki selama 30 menit sanggup membakar kurang lebih sebanyak 167 kalori. Setelah terbiasa mengerjakannya, Anda bisa meningkatkan durasinya. Semakin lama durasi berjalan kaki, maka semakin  banyak kalori yang terbakar.

  1. Berenang
     

Olahraga menurunkan berat badan selanjutnya adalah berenang. Berenang tenar sebagai olahraga yang cukup menyenangkan. Malahan, kecuali bisa menurunkan berat badan, olahraga ini juga bisa menolong meringankan rasa khawatir atau stres.

Olahraga renang dengan gaya punggung selama 30 menit diketahui bisa membakar sekitar 298 kalori. Sementara itu, renang gaya bebas bisa membakar 372 kalori, dan gaya kupu-kupu sebanyak 409 kalori dengan intensitas dan durasi yang sama.

  1. Bersepeda
     

Sepeda tidak cuma berfungsi sebagai sarana transportasi, bersepeda juga bisa dihasilkan sebagai opsi olahraga menurunkan berat badan. Pasalnya, bersepeda selama 30 menit di luar rumah sanggup membakar sekitar 280–360 kalori.

Jika tidak ingin keluar rumah, sekarang telah tersedia tipe sepeda statis sebagai opsinya. Latihan dengan sepeda statis selama 30 menit diketahui bisa membakar sekitar 250–280 kalori.

Perlu diketahui, kecuali berkhasiat untuk menurunkan berat badan, olahraga ini juga bisa memberikan pengaruh bagus bagi kesehatan secara menyeluruh, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit serius lainnya.

  1. Yoga
     

Salah satu olahraga di rumah untuk menurunkan berat badan adalah yoga. Meskipun tenar akan manfaatnya terhadap kesehatan mental, rupaya yoga juga sanggup membakar kalori tubuh. Pasalnya, melaksanakan yoga selama kurang lebih 40 menit bisa membakar sekitar 149 kalori.

Dengan melaksanakan yoga secara rutin, Anda bisa mengendalikan tubuh dan hawa nafsu, salah satunya hawa nafsu untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat atau makan berlebihan. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam mengendalikan pola makan dikala diet.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *