Bagi seseorang yang bukan atlet, yang berolahraga hanya untuk kepentingan kesehatan, berolahraga di tempat gym bukan selalu pilihan yang tepat.

Selain berjalan di treadmill atau sepeda statis, ada banyak aktivitas olahraga lain yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa aktivitas fisik terbaik pun tidak memerlukan gym. Aktivitas fisik tersebut akan membantu menjaga berat badan, meningkatkan keseimbangan tubuh, memperkuat tulang, melindungi persendian, dan sebagainya.

Berlaku untuk segala usia, berikut adalah 5 olahraga parlay terbaik menurut sains, dikutip dari Harvard Health Publishing, 12 April 2021.

1. Berenang

Ketika berenang, daya apung air akan menopang tubuh dan menghilangkan ketegangan sendi sehingga sendi dapat digerakkan dengan lebih leluasa.

Dr. Min Lee, profesor kedokteran di Harvard Medical School, mengatakan bahwa berenang adalah olahraga yang baik untuk penderita arthritis.

Penelitian juga telah menemukan bahwa berenang dapat meningkatkan kondisi kesehatan mental dan memperbaiki suasana hati.

2. Tai chi

Seni bela diri asal Tiongkok, Tai Chi, merupakan olahraga terbaik yang menggabungkan antara gerakan dan relaksasi.

Adapun olahraga ini dinamai Tai Chi yang berarti “meditasi dalam gerakan”. Tai Chi terdiri dari serangkaian gerakan yang anggun dengan transisi antar gerakan yang mulus.

Biasanya, latihan Tai Chi dibedakan berdasarkan tingkatan sehingga kelompok usia apapun bisa mengikuti latihan Tai Chi.

3. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan, seperti mengangkat beban, penting untuk tubuh. Dr. Lee mengatakan, massa otot yang jarang digunakan kehilangan kekuatannya seiring waktu.

Otot juga membantu membakar kalori sehingga semakin banyak otot yang dimiliki, maka semakin banyak kalori yang dibakar untuk menurunkan berat badan.

Sebelum memulai latihan kekuatan, mulailah dengan latihan ringan dan lanjutkan dengan latihan yang berharap.

4. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas olahraga yang sederhana namun memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Selain itu, jalan kaki juga mampu memperkuat tulang, menjaga tekanan darah, meningkatkan suasana hati, dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Sejumlah penelitian telah menemukan, jalan kaki dan aktivitas fisik lainnya bahkan mampu memperkuat daya ingat.

5. Senam kegel

Terakhir, olahraga terbaik menurut sains adalah senam kegel yang memperkuat otot dasar panggul yang menopang kandung keemmih.

Otot dasar panggul yang kuat dapat membantu mencegah inkontinensia. Tentunya tak hanya bagi wanita, senam kegel juga bermanfaat untuk pria.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *